Monday, March 30, 2009

Uninstall Gagal Karena Install.log?

Saya baru saja mencoba aplikasi gratisan, Remove IT, yang berfungsi mengscan sistem untuk mencari pengganggu seperti Trojan, Worm, yang luput dari AntiVirus komersial. Namun, saat saya ingin menginstallnya, muncul pesan kesalahan yang kalau tidak salah begini “Could’nt read INSTALL.LOG”. Atau kalau tidak salah “Read error INSTALL.LOG”. Wah! Gimana nih jadinya, gak bisa uninstall dong? Begitu pikiran saya. Mana saya lagi ingin mengfree spacekan harddisk.

Sebenarnya dalam pikiran saya terbayang membuat file .LOG baru tapi isinya kosong atau berbeda. Tetapi, isi INSTALL.LOG ternyata untuk mencatat entri-entri yang dibuat setup aplikasi agar saat uninstall, penghapusan bersih total. Wah, kalau saya hapus/ganti apa nanti jadinya.

Akhirnya, inilah caranya. Pertama, Anda harus menghilangkan dahulu file INSTALL.LOG itu terlebih dahulu dari direktori aplikasi tersebut. Cara Anda bisa bebas, misalnya mengcut lalu mengpaste di tempat berbeda, mengganti extension ke .txt, atau yang laiinya yang penting agar setup uninstall tidak mengenali INSTALL.LOG di program files si aplikasi. Setelah itu, jalanin aja uninstall setupnya. Di Remove IT, namanya “UNWISE.EXE”. Lalu, setup akan berjalan dan akan menanyakan dimana lokasi INSTALL.LOG, bila Anda menmindahkan INSTALL.LOG ke tempat lain, tujukanlah ke direktori tersebut. Namun, bila Anda mengganti ekstension, cepat ganti ekstensionya ke .LOG lagi, lalu refresh di window mencari INSTALL.LOG dan tuju ke INSTALL.LOG. Selamat! Anda baru saja mengunisntall yang ribet uninstallnya!

No response to “Uninstall Gagal Karena Install.log?”

Leave a reply

 
© 2009 TrueTechBlog. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Design by psdvibe | Bloggerized By LawnyDesignz